Pijarku
Jakarta, 6 Oktober 2004   
Tuesday, December 06, 2005
Lomba Entry Blogfam
Blogfam, Ajang Kumpul Komunitas Blogger
Oleh: Renny Fitriastuti



Hari gini siapa sih yang tidak “melek” akan blog? Ya, pengguna blog saat ini tumbuh bak jamur di musim hujan serta menjadi tren digital a la masa kini. Kiprahnya pun sangat digandrungi oleh para insan yang notabene duduk di depan komputer dan terkoneksi dengan Internet. Hanya tinggal register ke penyedia blog-blog gratisan, Anda akan dipandu untuk hosting, mengubah template, mempercantik tampilan blog, membubuhkan icon-icon lucu, dan semuanya tidak dipungut bayaran alias gratis.

Tak ayal, orang-orang yang suka nge-blog ini—biasa disebut dengan blogger—adalah kalangan tertentu. Penulis bukan berarti memilah-milah kalangan, tetapi faktanya para blogger adalah kalangan masyarakat menengah ke atas serta tidak “gaptek” (gagap teknologi) akan Internet.

Pun dengan media dan prosesnya. Dengan hosting atau membuat template sekalipun, ya minimal harus ada koneksi Internet, baik di rumah atau di kantornya. Dan harus mengetahui program text editor semisal Notepad dan sedikit-sedikit mengetahui program HTML, semisal Javacript.

Konten Blog
Blog saat ini dijadikan sebagai wadah virtual untuk menyalurkan hobi menulis, meruntut jurnal harian, memajang foto-foto, dan tak sedikit juga dijadikan ajang transaksi bisnis. Bahkan dengan blog juga, seseorang dapat menjadi wartawan untuk medianya sendiri karena mencari bahan, memotret, mencari referensi, dan menuliskannya langsung ke dalam “bahasanya”.

Ajang Kumpul
Untuk mengorganisasi para blogger ini seorang dosen dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Labibah Zain, berinisiatif untuk membuat suatu wadah yang sangat positif dalam mempersatukan para blogger ini. Adalah Blogfam, Blogger Family, yang bisa diakses melalui www.blogfam.com.

Penulis bergabung ke Blogfam sendiri belum begitu lama. Namun, nilai postif yang diambil sangatlah banyak, terutama dalam berinteraksi serta mencari wawasan lebih dalam untuk mengenal keberadaan blog tersebut.

Tak kalah seru, di sini menjadi ajang tukar pikiran para blogger misalnya, bagaimana mempercantik tampilan blog, dalam forum yang khusus tersedia. Juga dalam Blogfam ini menjadi sarana untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya, tentunya dapat menambah teman dan menambah daftar link teman di blog kita. Menarik, bukan? Sehingga dengan blog ini dapat menjadi wahana pergaulan virtual. Penulis juga banyak mendapatkan teman baru dari blog ini. Sangatlah positif!

Dan, yang patut diacungi jempol, Blogfam selalu menyelenggarakan perlombaan, baik lomba entry, lomba mempercantik template, dan sebagainya. Tak kalah menarik, di situs Blogfam kita juga bisa memperoleh souvenir yang dapat kita beli, berupa kaos oblong ataupun stiker. Tentunya, selain sisi positif yang dapat kita serap, Blogfam juga menjadi ajang kumpul komunitas blogger yang kompak, berdedikasi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kesusilaan dan sopan santun. Dapat menjadi contoh bagi komunitas blogger lainnya. Anda pasti setuju dengan pendapat penulis, bukan?

Mudah-mudahan Blogfam ini tak lupa untuk mencatat satu misinya lagi, yaitu terus mencerdaskan para blogger agar terus berkarya lebih baik.



posted by Raditya Aditama @ 6:37 AM  
3 Comments:
  • At 8:03 PM, Blogger Labibah said…

    hallo mama renny.
    makasih ya entry nya buat blogfam.

    thank you banget udah ikutan lonba. membaca entry bikin blogfam untuk bebeanh dan evaluasi spy lebih baik lagi.

    thank you yah. salam buat Pijar!

    -maknyak-
    http://serambirumahkita.blogspot.com

     
  • At 7:05 PM, Blogger Akira's Blog said…

    Yeakkk, dah nulis, tp error.
    Ikutan lomba ya Ren? Iya tuh, blogfam. Lewat blogfam aku juga jadi kenal ama banyak blogger. Berlanjut ke chating, berlanjut ke.. sohiban! ;) Bukan begitu Ren?

    Btw, akhir taon ada parcel lagi gak ren? huehehehe :D

     
  • At 6:36 AM, Blogger Raditya Aditama said…

    For Maknyak dan Devi, thx ya atas support-nya...aminnnn...:)
    Buat Mama Nikki, Iya nih sedikit berpartisipasi ajah hehe... Bener bgt Blogfam bikin kita tambah melek aja hahaha, melek internet dan tambah banyak temen. Ow parcel, mungkin ya bagi yg merayakan Natal huehehue:P

     
Post a Comment
<< Home
 
Free Web Site Counter



We Joined Blogfam

Previous Post
Archives
Special
Friends
Reference
Chat Here!

Name :
Web URL :
Message :
smileys